Metalcore

Ditulis oleh: -
mohon untuk tidak membaca ttg metalcore di wikipedia terjemahan/bhs indonesia dikarenakan kurang update/tidak lengkap dan masih bnyk mispersepsi.

Metalcore adalah suatu istilah pendeskripsian jenis musik gabungan dari Hardcore Punk dengan Extreme Metal. Genre ini muncul belakangan pada era 2000'an tapi sudah menunjukkan ciri-cirinya sejak era 90'an.

merunut sejarah, awal bgtnya sich dimulai dari masa awal 80an ketika hardcore punk juga dipengaruhi heavy & thrash metal, begitupun sebaliknya saling mempengaruhi. era ini berkelanjutan ke era Crossover thrash (1984–1988), Metallic hardcore (1989–2000) lalu Melodic metalcore (1995–present).

Musik 'metalcore' memiliki ciri khas berupa gitar stem drop D sampai C, terkadang full scream, namun saat ini ada juga yang equalizer yang biasanya ada dalam reffrain lagu. Biasanya, metalcore dalam hal gitar ritmik tidak serumit death metal namun band-band metalcore kebanyakan bermelodi cadas dan rumit. Jika tidak bermelodi, biasanya ritmiknya yang rumit.
Awalnya riff/chord metallic HC banyak mengambil riff-riff Slayer, Metallica, Kreator, juga band-band Death Metal seperti Bolt Thrower, Death, Dismember, Entombed serta pengaruh dari black metal seperti Marduk ataupun Naglfar.

mulai akhir 90an pengaruh dari band-band Swedish metal atau sound Skandinavia (dominasi unsur Melodic Death Metal) cukup signifikan mempengaruhi eksplorasi sound maupun chord metalcore akhir 90an, dimana musik melodic death metal khas swedia sedang hype dan banyak band memainkannya/mengambil unsurnya. coba cek Heaven shall Burn (terasa pengaruh kental dari Bolt Thrower), nama bandpun diambil dari judul lagu Marduk, nuansa gelap-pun diambil dari band-band black metal. coba cek Shai Hulud, unsur Metallica, Death, dipadu dengan Bad Religion & NOFX maupun Voivod juga banyak mempengaruhinya. Killswitch Engage album awalnya juga terpengaruh oleh In Flames.

Band-band era 2000an dan sudah banyak menjadi industri (pasar) dengan genre yang sekarang familiar disebut sebagai metalcore antara lain dimulai dari kesuksesan Avenged Sevenfold (dulu awalnya cukup 'newskool hardcore' dgn gaya punk & heavy metal serta suara screech/scream mixed with clean voice, skrg sudah sgt glam modern hardrock style) dan jauh dari metallic HC atau metalcore..
coba dengarkan/cari rilisan A7X demo e.p & kompilasi GOODLIFE 4 & album full pertamanya "Sounding The 7th trumpet",
coba cek juga The Great Deceiver (Swedia) yang musiknya cukup beda dengan tipikal metalcore awal 2000, vokalisnya Tomas Lindberg (vokalis serba bisa dari At The Gates/Disfear/Skitsystem/Nightrage/The Crown/dsb), juga band2 USA yang cukup besar pengaruhnya seperti : Darkest Hour, Killswitch Engage, All That Remains, Haste The Day, Walls Of Jericho, Undying, juga band-band yg cukup digandrungi anak muda saat ini seperti : The Devil Wears Prada, Your Skull, Bullet for my Valentine, The Eyes Of A Traitor, I Killed The Prom Queen, dan sebagainya. [/quote]

utk lebih jelasnya agan bisa baca dulu di wikipedia
http://en.wikipedia.org/wiki/Metalcore



Band2 yang harus kamu tahu sebagai roots 'metalcore

Band2 yang harus kamu tahu sebagai roots metalcore yang dulunya dikenal sebagai band-band newskool hardcore with metallic sounds, lalu disebut metallic hardcore
wilayah USA & Canada :
EARTH CRISIS
INTEGRITY
VISION OF DISORDER
BIOHAZARD
DEADGUY
HATEBREED
MORNING AGAIN
THIS DAY FORWARD
IN DYING DAYS
SHAI HULUD
(early) CAVE IN
WALLS OF JERICHO

dsb...


wilayah Eropa, bisa dibilang lebih brutal dan sound/riff-riff metal ala Slayer & Kreator lebih terasa, nuansa juga lebih gelap, meskipun beberapa band masih kental dengan chugga-chugga, breakdown part, spoken part dan mosh-pasrt :
CONGRESS
LIAR
WHEEL ON PROGRESS
REGRESSION
FIRESTONE
SPINELESS
DEFORMITY
ARKANGEL
LENGTH OF TIME
ACLYS
HEAVEN SHALL BURN
CALIBAN
REPRISAL
ENVISION
PURIFICATION
TIMEBOMBS

dsb...

setelah era 2000 keatas, setelah band-band lama maupun baru dilirik industri rekaman besar dan dengan sendirinya tren di kalangan anak muda menerima musik metalcore (walau tidak semua band2 lama ikut dalam lingkaran industri/pasar), akhirnya metalcore sedikit demi sedikit memisahkan roots-nya yg merupakan bagian yg tak terpisah dari hardcore punk. berbarengan dengan itu, band-band emo/post hardcore generasi ke-3 juga ikut populer yang lama kelamaan menjadi komoditas jika dikombinasikan dengan musik metal (metalcore mixed with emo, good looking factor and music industry). tema & lirik yang tadinya 'keras', politis dan pesan-pesan yang tegas mulai berubah ke arah personalitas, emosi/cinta dan lebih santai daripada band2 di awal kemunculan metallic hardcore 90an. 

tambahan


klo vokal
deathcore: vokalnya lebih shrieking dan low guttural..artikulasinya super duper ga jelas...

metalcore: vokalnya lebih scream dan kalo suara rendahnya ga sampe level guttural. vokal "nyanyi" juga banyak dipake (melodius ato agak serak" southern rock), trus kadang patternya kayak orang speech atau baca puisi...

dari musiknya...
deathcore: chugging riff di timpalin sama blast beat, atau bisa juga dengan drum yang groovy tapi musiknya jadi terkesan sangat lambat. masih terdapat melodic riff dengan pendekatan nada yang chromatis

metalcore: unsur hardcorenya cukup kental, klo band-band pionir (terutama band2 US) musiknya lebih lambat dibanding band dibanding band-band setelah mereka (riff dan drumnya lebih agresif). breakdown mendominasi dan masih ditemukan gitar dengan sound yang clean. seperti halnya deathcore, metalcore juga mengkombinasikan blast beat dan melodic riff...

Back to late 90s again...mau share band2 lokal aja deh skrg...berikut ini mgkn band2 hardcore metalik (sekarang disebut metalcore) yg berpengaruh di Indonesia yg udh eksis dari 90an menuju akhir, ane ikut ngalamin band2 lokal memgenalkan dgn mengkover lagu2 dari band luar yg membawakan jenic hardcore metal, yg mgkn mereka memainkan musik dgn style 'metallic' tersebut pada jamannya dibilang aneh, atau tidak sedikit dari audiens yg belum 'ngeh' style seperti ini. Dominasi penikmat hc waktu itu kalo berkiblat ke US mgkn Sick Of It All, Snapcase, Ignite, Warzone cukup diterima oleh audiens, ditambah band2 yg berbau hip metal/modern metal mulai menjamur, lalu membosankan.
local newskool metallic hardcore/metalcore bands
beberapa band lokal memulai style metallic, Slayer-ish guitar riffs, A lil' bit of Swedish metal, juga dipengaruhi band2 luar yg udh eksis dan berjaya pada masa 90an, sebut saja MORNING AGAIN (siapa yg gak kenal??), VISION OF DISORDER, EARTH CRISIS, INTEGRITY, dsb...


band2 lokal yg menjadi benih-benih virus 'metalcore' yg banyak diketahui :
- StraightOut (Jkt),

berdiri thn 98, memulai dgn newskool HC ala Earth Crisis & Strife. lagu2 lamanya newskool banget, sound juga belum bagus waktu ane dgr di salah satu kompilasi HC Jkt/Depok/Tangerang/Bekasi bareng Step Forward, Thinking Straight dsb. skrg udh dark & technical metal, juga melodic death. ditambah vokal yg ngeri, karena vokalisnya berasal dari band death metal beneran yg udh eksis dari pertengahan 90, SADISTIS.

- Burgerkill (Bdg),

band ini udh mulai ada dr thn 95. skrg udh dgn style metal/hc terbaik di negeri ini, udah tur ke luar negri salah satunya jadi pembuka Mastodon di Big Day Out (Aussie). dulunya sich maenin oldskool, album pertama 'Dua sisi' juga msh kerasa oldskool to newskool'. awalnya BK waktu saya liat shownya di Saparua thn 97 band ini kurang diminati/sepi crowd karena ke'aneh'annya.. band ini udh menyita perhatian saya krn jaman segitu udh 'aneh' sama brutal, sementara audiens di bdg thn segitu sedang menggilai HC yg bisa dinikmati sambil lompat2 & pogo (sound yg ringan2) model All Stupid, United Youth, Full Of Hate dsb.

- Hands Upon Salvation (Yogyakarta)
www.myspace.com/handsuponsalvation

ini juga udh berdiri dari thn 98 dgn awalnya bernama Destruct. play H8000 metal/HC style with Florida's Morning Again mixed with Day Of Suffering and a lil bit of thrash metal..

- Stolen Vision (Malang), ini juga kalo gak salah udh ada dari thn 97, mereka juga udh terpengaruh oleh Congress & Arkangel (belgian H8000 style). saya pernah liat interviewnya di (agak lupa,, entah diTigabelas zine #1, 1998 atw Membakar Batas zine, 2000)

- Down For Life (Solo), sudah ada sejak thn 98an. dulu juga mereka memainkan newskool metallic HC, tp skrg udh sgt terpengaruh oleh NWOAHM/Groove-metal ala Lamb Of God & band2 currently technical metalcore.

Media alternatif/zine yg juga mengenalkan bnyk band2 'metalcore' :
- Tigabelas zine, 1998-2002 (bnyk flyer2/iklan band2 metallic HC)
- Fightback zine, 1999-2005 (Yogya, zine yg concern dgn yg berhubungan dgn hc/metal band/scene)
- Newnoise zine, 1999-2002 (bdg), zine-nya Toto ex-Burgerkill yg juga bnyk mengulas scene hc/metal luar
- Fallen Angel magazine, 2001-2003, bertanggung jawab atas perkembangan metalcore/newskool metal HC lokal.

Kompilasi penting band2 'metallic HC goes to metalcore term' di Indonesia :
- Fallen Angel #1, thn 2001 sampler dari majalah Fallen Angel buatan Santo Bluesky recs.
mengenalkan bnyak band2 newskool metallic/melodic HC keren kayak Wise Up, Envision, Poison The Well, Walls Of Jericho dsb yg selanjutnya banyak mengeksplor aransemennya.

- dirilisnya kaset V/A Goodlife 4, sekitar 2001 juga. didistribusikan oleh Bluesky rec juga, berisi A7x (msh newskool HC bgt suara/musiknya sebelum jadi glamor/fashionable), juga ada Dead Blue Sky, Statecraft (Jpn), Liar, Congress, Reprisal, Length Of Time, PTW, Morning Again, Undying hingga Arkangel.

- Fallen Angel #2, thn 2002. udh bnyk mengenalkan band2 metalcore generasi pertama +invasi emo/post hardcore generasi ke-2 & 3. bnyk band2 yg udh tambah mapan dan band2 baru/lama mulai memainkan style metallic HC. band lokalnya ada Straightout, Hard To Find, Soldier Fight, Free To Decide, Fall, juga ada Neversoft (2 personilnya org Malaysia, 2 personilnya org Indonesia).

- ada band yg namanya INSTALASIMATI (bdg, 1999-2003). band ini jarang terdengar sampe luar kota, yg berdiri thn 99 yg sebelumnya bernama SICKS. Sebelum Burgerkill maen musiknya pake unsur metalcore/technical metal hingga saat ini, band ini udh lebih dulu maen di gig2 hc bdg dgn pertunjukan yg hebat, vokal tajam ala Heaven Shall Burn dgn musik metallic HC yg dipenuhi riff2 Slayer, dicampur unsur Radiohead, Queen & band2 Progresif metal. mereka memainkan lagu2nya tanpa diberi jeda, sekitar 4-5 lagu kadang di medley terus jadi 1 lagu hingga dikira org lagunya cuma 1 tapi sampe 30-40 menit. pernah ngeluarin promo split CD Instalasimati/Dajjal, 2003.
vokalisnya (Hendra Pohon) skrg maen di Krass Kepala (Anarcho/street-punk).

- V/A Crushing The Boundaries, Undying Music production, 2003.
feat : Ablazed Reflection (bdg), Suja (jkt), Aurora (Cikarang), Disagree (Tangerang), Hands Upon Salvation (YK), Graffenberg (Purwokerto), Rottencheeseburger (Bdg/Cimahi), Suffer Edge (Jkt), Fall (jkt), Down For Life (Solo), Point Blank (Cianjur) dll...walau gak semua metalcore, tapi dirilisnya kompilasi ini bikin band2 metalcore di berbagai daerah mulai banyak terekspos. bnyk band2 yg msh memainkan jenis metalcore puritan di kompilasi ini sebelum akhirnya mereka bnyk yg merubah unsur/aransemennya menjadi lebih teknikal & juga fashionable. tapi tidak semua band2 pd waktu itu hingga kini merubah mengikuti pasar/tren dan menjadi lebih fashion-oriented. bnyk yg msh sampe saat ini jg msh mempertahankan style musiknya maupun ideologinya.

V/a Fallen Angel #3, 2003, feat : SUNRISE (Poland), Gatsbys American Dream, Coheed And Cambria, dsb... FA#3 cenderung lebih banyak menampilkan band2 post hardcore/3rd wave emo. setelah itu memang booming emo, screamo & metalcore mulai menjangkit banyak kalangan..

4 way Split rilisan dari Diorama Record (Yogya)
HANDS UPON SALVATION (Yk)
MOMENT OF PAIN (Solo)
NOTHING (Yk)
BREATHE OF DESPAIR (Malang)

di waktu yang sama, muncul dan aktif band-band seperti Disagree (Tangerang), Hard To Kill (Jkt), Revitol (Jkt), For My Blood (Jkt), Tomorrow Is Another Day (Bdg), Heaven's Fire (Jkt), Heaven Fall (Bdg), Hard To Find (Bdg), Soldier Fight (Bdg), Suffer Edge (Depok/Jkt) dan masih banyak lagi... namun masih cukup kental dengan attitude 'Hardcore'nya, belum terlihat attitude metal-rockstar atau fashion-goodlooking oriented.

setelah itu mgkn 'metalcore' udh jadi 1 genre yg terpisah dr unsur hardcore (metal-hardcore). HC yg gak bisa lepas dari Punk-pun di banyak band2 'metalcore' justru menghilang perlahan semangat2 perlawanan yg ada dlm tema yg diangkat/lirik2 yg dibawakannya. jadi sejak pertengahan 2000, metalcore sudah (seperti) memisahkan dari metallic hardcore. disamping bnyk band di luar sana udh tambah mengeksplor dan bertambah technical, pengaruh New wave of american metal-nya Lamb Of God, juga banyak hal yg akhirnya genre ini yg pd awal kedatangannya agak terabaikan/dibenci kini digemari dan bahkan industri musik besar ikut menjadikan tren dan akhirnya profit oriented beside their good music skill & 'good looking' factors. inilah evolusi newschool, metallic hardcore hingga menjadi metalcore.

...the term metalcore anno 2009 is way different then let's say the 90's...we have nothing in common with the current stream of "metalcore" bands who are into wearing eyeliner and nailpolish, who are aiming to be the next big stadium rock band, the current stream of bands have no messages and statements, it's just plain and boring metal... (Hans Verbeke, LIAR)

Read more: http://blogs.myspace.com/index.cfm?f...#ixzz141XZoW2j


Note : buat yg ikut ngalamin atw sesepuh2 fm kaskus Correct Me If I Wrong ya gan...tambahin referensi agan2 sekalian yg terjadi dulu maupun skrg...terus terang, band2 skrg yg dikategoriin metalcore tapi fashionable dan liriknya berbau emosi/cinta ane kurang 'kena'.


ini juga band penting dari USA pertengahan 90an yg jarang di bahas. pdhl mereka juga jadi ikon metallic hardcore setelah Earth Crisis & Integrity. mereka sudah mulai memasukkan unsur-unsur black metal seperti di lagu 'Broken Promises' (v/a- Goodlife 4)
MORNING AGAIN:

jika kamu bertanya sama band2 lokal macam Straightout, Burgerkill, Hands Upon Salvation dsb pasti mereka akan bilang kalo dulu Morning Again juga sangat menginspirasi musik2nya...
Morning Again was a hardcore band from Florida since 1995. They were known for their extreme metallic hardcore sound as well as for their straight edge, vegan and anti-government ideas. The band was a "sister band" to Culture, often switching members after one had left the other. Several members went on to play in other bands such as As Friends Rust and Dead Blue Sky. The band was originally from Cooper City, Florida, but moved to Fort Lauderdale in 1998.


Tambahan.
mau ngasih referensi lagi aja ya, biar agan2 penikmat metalcore era 2000an juga ikut dpt bnyk referensi band2/scene metallic-hardcore yg 'puritan' dan gak mau terpengaruh tren atw industri musik. di Eropa, terutama H8000 (Hate Thousand) scene hingga saat ini tidak terpengaruh 'booming' metalcore yg jadi tren/industri musik. mereka tetap 'keras' dalam hal tema & lirik, tetap tegas dalam ideologi juga.

Spoiler for H8000 scene di Belgia, Eropa:


H8000 scene :
Is the name for all Hardcore scenes in West Flanders, Belgium. Some places that have very active scenes are: Kortrijk, De Haan, Bruges, Ypres, Izegem, Roeselare, Zeebrugge, Oostduinkerke,...
H8000 Hardcore can be categorised as mainly new school metalcore, where leading bands as Liar and Congress are known all over the world!

The name is pronounced Hate Thousand.
- The "H" Stands for "Hate" Against the Critism that the scene had to endure!
- "8000" Stands For the Postal Codes of the Villages in West Flanders.

Read more: http://www.myspace.com/h8000#ixzz12nKYHmB8


Important bands from the H8000 scene were:
LIAR, CONGRESS, Blindfold, Spirit Of Youth, Regression, Shortsight, Sektor, Firestone, Solid, Deformity, Spineless, Vitality, Arkangel, Empathy, Resist The Pain, Nations On Fire, Voices At The Front, etc

Sumber Kaskus

0 komentar "Metalcore", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar